Sejarah

Sekolah Menengah Ekonomi Tingkat Atas (SMEA) Negeri Sorong didirikan pada tahun 1970 dengan satu-satunya jurusan yaitu jurusan Tata Niaga. Sekolah ini berdiri atas inisiatif serta sponsor oleh Kepala SMA Negeri 413 Sorong yaitu Bapak F. X. Sutrisno.

Pada awalnya, Kepala SMA 413 yang menjabat sebagai Kepala SMEA Negeri Sorong. Saat itu SMEA masih berstatus swasta tetapi masuk kategori swasta persiapan negeri.

Guru-guru yang mengajar di SMEA merupakan guru-guru SMA 413 Sorong dan dosen-dosen dari Universitas Cendrawasih yang pada waktu itu membuka fakultas jurusan ketataniagaan di Sorong.Setelah proses belajar-mengajar berjalan normal di sekolah ini, Kepala Perwakilan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Irian Barat mengusulkan pembukaannya kepada Bapak Gubernur Kepala Daerah Provinsi Irian Barat melalui surat No. 008/A/1971 Tanggal 9 Januari 1971.

Pengusulan pembukaan SMEA Negeri Sorong mendapatkan tanggapan positif oleh Bapak Gubernur Kepala Daerah Provinsi Irian Barat. Untuk itu, Bapak Gubernur Kepala Daerah Provinsi Irian Barat atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat Keputusan Pembukaan/Peresmian SMEA Negeri Sorong yaitu surat No. 37/GIB/1971 Tanggal 11 Februari 1971.

Maka, tanggal 11 Februari 1971 dianggap sebagai tanggal SMEA Negeri Sorong resmi dibuka dan didirikan. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang pembukaan dan peresmian SMEA Negeri Sorong, maka kami mengutip surat keputusan Bapak Gubernur Kepala Daerah Provinsi Irian Barat.


Sambutan Kepala Sekolah


...

Johanna K. Pontolaeng, S.Pd.

Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya yang telah memungkinkan kami menyelesaikan pembuatan website ini. Kami memiliki
>>Selengkapnya...